Begini Cara Install Linux Lengkap Untuk Pemula

aboard-entrepreneurship.com – Jika Anda baru belajar Linux, Anda harus mencoba Linux dengan tangan Anda persis untuk menikmati Linux.

Anda dapat mencoba menginstal Linux di komputer Anda dengan beberapa cara yang dapat anda pilih sesuai dengan keadaan dan keinginan anda.

ada beberapa cara untuk menginstal Linux di komputer Anda, perhatikan baik-baik dan pilih solusi yang paling cocok untuk anda.

Mencoba Linux tanpa Install (Live CD)

Meskipun Anda bisa, tetapi saya tidak menyarankan menggunakan teknik ini untuk belajar linux, orang-orang yang ahli dan menguasai Linux menggunakan teknik ini untuk memperbaiki/memelihara sistem.

Kau pasti berhasil. kenapa aku tidak bisa kembali? Karena jika Anda menggunakan Live CD, semua perubahan dan pembaruan yang anda lakukan di Linux Live Cd akan hilang dan tidak akan disimpan saat komputer dihidupkan ulang.

Setiap kali Anda menggunakan Linux Live Cd, Anda harus mengatur pengaturan ini untuk belajar Linux, ini sangat tidak efisien dan membuang-buang waktu.

Jika Anda masih ingin mencoba linux live tetapi perubahan yang Anda buat disimpan meskipun komputer dihidupkan ulang, Anda dapat mencoba mode persistence Live USB Flashdisk

Mencoba Linux tanpa Install (Persistence Live USB)

Berbeda dengan mode Live CD yang tidak menyimpan perubahan setelah komputer dihidupkan ulang, mode Persistence Live USB Flashdisk memungkinkan Linux untuk menyimpan perubahan bahkan jika komputer dihidupkan ulang.

Dengan cara ini ada batasan seperti tidak dapat memperbarui kernel dan mengubah sistem file tetapi Anda dapat belajar dan bermain dengan linux dengan menyenangkan mulai dari menginstal aplikasi hingga dapat menjalankan linux di komputer mana pun tanpa perlu menginstal apa pun, cukup sambungkan USB flash drive Anda.

Install Linux Dual Boot Windows

Ini berarti Anda akan menginstal Linux pada hard drive yang sama tanpa menghapus Windows, sehingga hard drive dibagi menjadi dua.

Jadi nanti, ketika Anda menyalakan komputer, Anda tinggal memilih untuk menggunakan Windows atau Linux.

Keunggulan install linux dengan teknik dual boot:

  • Linux akan berjalan dengan kinerja sesuai dengan spesifikasi perangkat keras
  • Sistem operasi lama tidak akan terhapus dan masih dapat digunakan dengan memilih sistem operasi mana yang akan digunakan saat booting
  • File yang ada di sistem operasi sebelum Anda dapat membuka dan mengelolanya dari Linux

Kekurangan install linux dengan tehnik dual boot:

  • Penting untuk mengikuti pedoman dengan hati-hati dan hati-hati agar tidak tergelincir selama proses pra-instalasi, yang akan menyebabkan file yang sebelumnya ada di sistem operasi terhapus secara tidak sengaja.
  • File di Linux tidak dapat dibuka dari Windows, jika ditempatkan pada partisi/partisi Linux dengan format yang tidak didukung oleh Windows (kecuali FAT dan NTFS yang tidak dapat dibaca Windows)
  • Penting untuk me-restart komputer untuk beralih dari sistem operasi Linux ke sistem operasi sebelumnya dan sebaliknya.

Install Linux di Windows (virtualisasi)

Anda dapat menginstal Linux di Windows dengan aplikasi virtualisasi dengan cara ini berbeda dari cara yang disebutkan di atas karena Anda tidak perlu membagi/membagi hard drive.

Yang harus anda lakukan adalah menginstal perangkat lunak virtualisasi Virtualbox dan Anda sudah dapat menjalankan Linux di Windows.

Keunggulan install linux dengan tehnik Virtualisasi :

  • Lebih mudah daripada teknik dual boot karena tidak diperlukan pemisahan dengan pemisahan
  • Tidak ada risiko kehilangan file karena tergelincir selama proses instalasi, karena teknik ini tidak mengubah struktur hard drive.
  • Anda dapat menggunakan Linux dan sistem operasi/Windows lainnya secara bersamaan tanpa perlu memulai ulang proses untuk memilihnya dengan cara yang mirip dengan teknik dual boot.

Kekurangan install linux dengan tehnik Virtualisasi :

  • Ini membutuhkan lebih banyak ruang hard disk dan RAM karena Anda secara teknis menjalankan 2 sistem operasi pada satu komputer sehingga kinerja/kecepatan komputer dibagi.
  • Kecepatan Linux tidak secepat saat menggunakan teknik dual boot
  • Sistem operasi utama (Windows) akan sedikit lambat karena Virtualisasi Linux saat ini menggunakan RAM dan hard disk sebagian.

Install Linux Sebagai OS Utama

Jika Anda 100% yakin bahwa tidak ada lagi aplikasi Windows yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan Anda, Anda dapat menggunakan Linux sepenuhnya dengan menginstal Linux langsung di hard drive/SSD Anda.

Metode ini akan menghapus data dan mengubah struktur partisi pada hard drive / SSD sehingga Linux dapat berjalan secara optimal di komputer Anda.

Linux dilengkapi dengan emulator Windows (wine) sehingga Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi Windows di Linux secara langsung.

Jika Anda memerlukan sistem operasi Windows untuk sesuatu dan sangat jarang, Anda dapat menginstal Windows di Linux dengan virtualisasi menggunakan virtualbox atau KVM (mesin virtual berbasis kernel)

Bingung  pilih  cara install linux yang mana?

Baiklah, saya akan membantu Anda memutuskan mana yang lebih sesuai dengan situasi Anda saat ini

Gunakan teknik virtualisasi jika situasi Anda saat ini :

  • Anda memiliki setidaknya 4 GB RAM (lebih banyak lebih baik) dan setidaknya 15 GB ruang hard disk yang tersedia
  • Membutuhkan kemudahan instalasi tanpa risiko
  • Ini memiliki layar yang cukup lebar di atas 14′, tetapi jika Anda ingin mengganti layar, tidak apa-apa, itu sebenarnya bisa selow ^ _ ^.

Teknik dual boot Guanakan untuk menginstal Linux jika keadaan Anda saat ini :

Guanakan tehnik Dual boot untuk menginstall linux jika keadaan kamu saat ini :

  • Linux membutuhkan jalannya dengan kinerja penuh sesuai dengan kemampuan spesifikasi komputer Anda
  • Merasa seperti menggunakan Linux sepenuhnya dan memaksa diri untuk menggunakan dan belajar Linux lebih cepat.
  • Pengguna menggunakan Linux untuk bekerja dan aktivitas sehari-hari, tetapi game atau aplikasi tertentu hanya dapat berjalan di Windows.

Pendapat Saya

Saya sarankan Anda menginstal menggunakan virtualisasi terlebih dahulu dan jika setelah menguji kinerjanya lambat dan tidak memungkinkan, Anda harus menggunakan metode dual boot untuk menjalankan Linux sepenuhnya dengan spesifikasi PC/laptop yang ada.

Kesimpulan

Untuk mempelajari linux, Anda perlu mencoba linux secara langsung untuk merasakan pengalaman menggunakan linux, Anda tidak perlu menghapus instalan Windows hanya untuk mempelajari linux, karena ada banyak cara yang dapat Anda pilih untuk menginstal linux tanpa menghapus data dan windows Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *